13 December 2016

Efek Bagi Blog Akibat Copy Paste Artikel Milik Orang

Dampak buruk bagi blog akibat sering beraktifitas copy paste artikel orang lain. - Pada artikel, ini saya akan membahas akibat - akibat apa saja yang akan ditimbulkan bila terlalu banyak / terlalu sering copas dari blog / website milik orang lain.

Blogger copy paste (plagiat) memang tidak ada habisnya di dunia perbloggeran ini sob. Selalu saja ada blooger copas yang baru. Mati 1 nambah 10. Pokoknya sampe kiamat pun, pasti selalu tumbuh blogger blogger plagiat ini sob. Kenapa kok begitu? Alasannya sih ada banyak menurut saya sob.

Memang dalam membuat sebuah artikel di dunia perbloggeran, merupakan suatu kegiatan yang wajib bagi kita sebagai seorang blogger, jika ingin terus eksis di search engine, tapi tentu tidak menggunakan cara yang salah juga sob.

Kalau kepepet, ya sobat tentunya harus memahami 2 hal di bawah ini (kode etik), yang harus dilakukan jika ingin mengcopy paste artikel orang lain. Kalau tidak dilakukan, bahaya sob.

  • Jangan copy paste seluruh artikel 100% tanpa di edit. Perbandingannya sih 80% karya tulisan sendiri dan 20% dari copas artikel orang lain. Kembangkan kreatifitas sobat (kalau tidak bisa mengembangkan kreatifitas, stop jadi blogger).
  • Berikan sumber link artikel yang telah di copy paste tersebut. Misalnya, sobat ingin mengcopy paste artikel ini, ya sobat harus berikan link dari artikel ini didalam artikel yang sobat ingin buat tersebut.


Resiko copas artikel


Tujuan Orang Copy paste (Copas) artikel


Nah ini nih sob kenapa banyak orang yang berbondong bondong ingin mengcopy paste artikel orang lain. Menurut saya sih seperti dibawah ini alasannya.

  • Tidak membutuhkan kerja keras untuk menentukan niche blog, gaya bahasa, dan cara membuat artikel yang bagus serta menarik.
  • Menginginkan cara yang cepat dan cara yang instan untuk menambah artikel di blog / website mereka.
  • Bisa jadi (bisa jadi ya sob), artikel copas ini dapat disejajarkan dengan artikel yang di copas (malah bisa diatas artikel yang di copas, banyak kok contohnya).
  • Hemat waktu, tenaga dan kuota internet.
  • Ngeblank ide untuk menulis artikel yang baru dan yang menarik.
  • Bisa jadi juga nih ye sob, iri dengan artikel orang lain yang dengan cepat masuk page rank (halaman) 1 google.

Tujuan sih tujuan ye sob, tapi kalau tujuannya akan menambah efek negatif dan berbahaya / beresiko untuk blog kita, mendingan jangan dijalankan dah sob.


Dampak Buruk Bagi Blog Akibat Seringnya Aktifitas Copy Paste Artikel Orang Lain


Ini dia sob, efek negatif / dampak buruk yang didapatkan jika terlalu banyak copas artikel orang lain.

Cekidot.

1. Dibenci oleh si Mbah Gugel


Blog yang isinya kebanyakan plagiat dari artikel artikel orang lain dan dikumpulin jadi 1 blog / website, akan memicu si mbah gugel marah serta membenci blog sobat. Wah bisa kacau kan sob. Jika si mbah gugle (bukan si mbah gugle aja sob, mbah mbah yang lainnya juga) sudah membenci sebuah blog, maka hal ini akan berdampak pada search engine optimization (seo) terhadap blog sobat.

  • Blog akan mengalami kesulitan dalam hal di index dan di crawl mesin search engine.
  • Kesulitan dalam menembus page rank (halaman) 1 google.
  • Blog (website) tidak akan berkembang banyak di search engine.
  • Penghasilan dari iklan blog sobat akan menurun drastis (jika telah memasang iklan di blog), baik itu iklan dari google maupun iklan dari advertiser yang lain.

Baca juga Cara Mendaftar Popcash Sampai Pencairan Dollar Tutorial Lengkap.

  • Blog akan terkena sandbox.
  • Akibat yang paling fatal, blog sobat bisa kena banned oleh si om gugel karena dilaporkan oleh si pemilik asli dari artikel yang di copas.


2. Bagi Diri Sendiri Sebagai Seorang Blogger


Banyak yang akan ditimbulkan untuk diri sendiri, jika sobat terlalu banyak mencopas artikel milik orang lain, antara lain dibawah ini.

  • Hal yang unik (ciri khas) dari blog sobat tidak nampak, artinya blog sobat tidak memiliki karakter yang istimewa .
  • Kreatifitas dalam menulis sebuah artikel pun, lambat laun akan menurun disebabkan terlalu seringnya copas artikel orang.
  • Membuat rasa malas yang akan meningkat, jika terus dipertahankan copas artikel milik orang lain. Sebab sobat tidak perlu berpikir keras dalam membuat dan menambah sebuah artikel, tinggal copas aja, selesai dah.
  • Sobat sekalian tidak akan berkembang di dalam dunia perbloggeran (pasti).


3. Efek Negatif dari Sesama Blogger Lainnya


Selain berdampak bagi diri sendiri, kebanyakan copas juga akan menyebabkan efek negatif dari sesama blogger lainnya (emangnya ente sendiri blogger), dimana blog sobat akan dipandang rendah dan secara tidak langsung akan mengakibatkan seperti dibawah ini.

  • Tidak disenangi sesama blogger lain, soalnya blog copas tidak akan di pandang sesama blogger.
  • Akan menambah banyak musuh di dalam dunia perbloggeran.
  • Nama blog sobat akan disebarkan ke dalam grup blogger, yang akan menyebabkan pelaporan dari anggota grup, bom klik iklan (bagi blog copas yang sudah punya iklan), bom spam, dan bom bom lain sebagainya (bisa jadi tempat tinggalnya kena bom).
  • Blog sobat akan di laporkan oleh sipemilik asli ataupun orang lainnya sesama blogger yang perduli akan masalah percopasan di dunia perbloggeran, hal ini dapat menyebabkan blog sobat akan dibanned dari google (jangan sampai dah sob).

Sebelum semua efek diatas akan terjadi dan berdampak negatif bagi blog sobat, maka dari sekarang saya kasih saran dah untuk sobat sekalian, jangan pernah sekali kali mengcopas artikel orang lain secara 100% tanpa editing.

Baca juga Cara Membuat Sitemap Keren di Blogger.


Ya kalau mau copas sih boleh saja, TETAPI jalankan tips dibawah ini


  • Sobat harus menyertakan link dari artikel yang telah sobat copas.
  • Berikan tambahan bahasan yang lainnya dari artikel yang sobat copas tersebut. Maksudnya, jika di artikel A cuma ada 5 pembahasan tentang suatu pemecahan masalah, maka untuk lebih baiknya, yaitu sobat tentu harus menambahkan beberapa pemecahan masalah (misal 7 atau 8) untuk permasalahan dari artikel yang di copas tersebut.

Menurut saya sih, cuma itu saja sob bahaya yang akan berdampak / berefek buruk (negatif) bagi blog akibat seringnya aktifitas copy paste dari artikel orang lain. Jikalau sobat mau mengcopy paste artikel saya ini juga gpp kok, asalkan saja sertakan link dari blog saya ini ya sob.

Jika menurut sobat Usaha Tanpa Batas artikel ini menarik dan berguna, silahkan dishare. Atau jika menurut sobat ada yang perlu ditambahkan dari dampak negatif bagi blog / website copas, silahkan berkomentar di kolom komentar, atau bisa mengirimkan email secara langsung kepada saya lewat menu contact us diatas.

Baca juga Peluang Usaha Reseller Dropship Bisnis Online Menjanjikan.

Salam Sukses.

12 komentar

Artikel saya ada yang dicopas full gan.. tapi saya biarkan, hehehe :D

kalo saya, ada yang copas konten saya, lsg saya lapor DMCA google biar hilang dari SERP hhahaha

Betul sob
mesin pencari emang benci dengan blog copas
blog ane juga pernah di copas semua artikelnya, artikel 90 di copas semua pake script apa tuh lupa ane. Akhirnya ane laporin aja tuh blog (Eh kok malah curhat ya? haha) Bermanfaat banget postingannya gan terima kasih, bisa jadi pedoman buat blogger pemula yang sering copas

super sekali... ane mau berhenti copas...

saya mau tanya mas kalow sering kopas, berdampak buruk ga buat iklan google adsense ? atau bisa di banded akunnya atau apa aja yang berdampak buruk ?

Memang bener gan, blog copas itu buruk dimata siapapun..
gak ada keunikan tersendiri dari si penulis artikel..

kalo menurut saya mending nulis artikel yang hanya beberapa kata daripada copas, asal mudah dicerna oleh si pembaca..

cocok banget artikel ini untuk pemula ..

siippp sangat membantu sekali

Mas, kalau copasnya dari artikel sendiri. seperti contohnya kita hanya ganti keywordnya saja. Apa boleh dan ngaruh nggak buat Search Engine?

Punya saya juga sering dicopas mas, kalau 1 atau 2 sih gak apa-apa, tapi hampir 80% artikel blog saya dicopas oleh sebuah blog bernama beritakanduniaolahraga.blogspot.com. Parahnya, sudah mencopas 100% si admin juga mengubah tanggal postingannya sehingga seolah-olah dia yang menulis artikel itu terlebih dulu.

Waduh blog saya juga dicopas tuh. Dasar yang copas kurang kerjaan!

Jika artikel yang di copas, gak dilaporin sama yang punya, blog nya gak akan kena banned kan?

Betul sekali gan, dampak yang paling buruk adalah blog kita akan dihapus oleh google...
Banyak kok saya menemukan blog copas tanpa di edit, tapi kenapa si pemilik artikel tidak melaporkannya ke google dmca ya?

Berkomenlah yang Relevan sesuai artikel Diatas,
Luangkan waktu untuk menekan tombol share Artikel ini
EmoticonEmoticon