02 November 2016

Bagaimana Memulai Sebuah Bisnis Cara Usaha Yang Sukses

Bagaimana memulai sebuah bisnis serta cara usaha yang sukses. - Dalam memulai sebuah bisnis usaha, baik itu bisnis sampingan, usaha rumahan, usaha kuliner, bisnis online, usaha kecil, usaha besar, bisnis properti dan jenis bisnis usaha lainnya merupakan suatu perjalanan yang membutuhkan banyak kerja keras, perjuangan, pengorbanan, dan waktu yang tidak pendek.

Mempunyai sebuah bisnis usaha milik sendiri adalalah impian banyak orang dimanapun juga, baik itu di negara maju, di negara berkembang atau di negara terbelakang. Banyak keuntungan yang bisa kita dapatkan dengan membuka sebuah bisnis usaha, contohnya bebas dan tidak terikat pada siapapun, waktu yang flexibel dengan kemauan kita, sistem kita yang pegang, investasi di hari tua, juga dapat menciptakan lapangan pekerjaan bagi orang lain.

Untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses, pertama sobat harus paham terlebih dahulu dan mengetahui faktor-faktor yang dapat menciptakan kegagalan sobat di dalam sebuah bisnis usaha. Disini saya akan membahas beberapa faktor yang seringkali menyebabkan kegagalan dalam mempertahankan kosistensi berwirausaha atau berbisnis.


Cara usaha sukses


Faktor Utama Kegagalan Dalam Berbisnis Usaha


Disini saya akan membahas 6 faktor utama yang kerap terjadi dan menyebabkan kegagalan dalam berwirausaha sob.


1. Cara yang cepat, mudah dan serba instan


Dalam membuka sebuah bisnis usaha memerlukan tahapan dan proses (jatuh kemudian bangun). Tidak ada yang instan disini. Semuanya butuh proses. Belajar dari kesalahan yang pernah diperbuat dahulu serta menganalisa kenapa saya gagal.

Menggali semua informasi sebanyak banyaknya baik dari media (media cetak, media online, media audio ataupun video, dan media lainnya), teman atau keluarga serta dari orang orang yang sudah sukses dalam bisnis usahanya. Mengkaji ulang sumber informasi yang didapatkan.


2. Tidak berkompeten dalam dalam memanage, Tidak memiliki kemampuan dan pengetahuan dalam mengelola bisnis usaha


Mengikuti orang yang sukses dalam berwirausaha itu sah-sah saja, tidak ada yang melarang sobat dalam membuka bisnis usaha jenis apapun. Tapi ingat sob, jangan asal mencaplok dan menduplikat jenis usaha orang lain. Pahami dan pelajari terlebih dahulu jika sobat sekalian ingin meniru jenis usaha orang lain ataupun jenis bisnis usaha yang lagi trend / yang ramai di pasaran.


3. Tidak dapat mengendalikan keuangan


Dalam menjalankan bisnis usaha, masalah keuangan merupakan hal yang sangat vital di sini . Sobat harus dapat belajar mengendalikan keuangan, mengerti cara mengelola keuangan yang baik (efektif dan efisien), membeli perlengkapan dan perlatan seperlunya, dan lain sebagainya.

Jika sobat tidak dapat melakukan hal diatas, saya jamin bisnis yang sobat kelola dengan sungguh sungguh pun akan hancur seketika.


4. Perencanaan yang kurang matang


Rencanakan terlebih dahulu sob, usaha apa yang akan sobat buka. Kelebihan dan kekurangan jenis usaha yang ingin sobat jalankan tersebut, siapakah pangsa pasar sobat, bagaimana cara sobat memasarkan atau memperkenalkan usaha sobat tersebut, dan lain sebagainya.

Kalau perlu, buat catatan di sebuah buku atau notes untuk perencanaan dalam membuka usaha sobat tersebut.


5. Sembrono dan tidak bersungguh sungguh


Sikap yang sembrono dan tidak bersungguh-sungguh dalam menjalankan suatu usaha dapat menjadi salah satu faktor kegagalan dalam menjalankan suatu bisnis usaha. Jika sobat telah memilih untuk menjadi seorang wirausaha, fokuslah terhadap usaha sobat tersebut.

Kalau bisa sih fokus di salah satu usaha terlebih dahulu sob. Dan jika usaha sobat ini telah berkembang, barulah sobat dapat membuka bisnis usaha jenis yang baru atau cabang usaha lainnya.

Kemudian jangan terlalu cuek sob dengan sesuatu hal kecil atau menyepelekan masalah kecil. Ingat sob, hal kecil jika disepelekan akan menjadi sangat berpengaruh dan dapat menyebabkan kelumpuhan pada sebuah sistem.

Saya coba ambil contoh kecilnya: sobat mempunyai laptop dan saya ambil hal kecil yang tidak terlalu diperhatikan banyak orang adalah charger laptop. Sekilas ini nampak sepele, namun jika kita sembrono meletakkan charger atau menggulung kabel charger dengan asal asalan. Kemudian charger tersebut rusak ataupun hilang. Terus sobat mau ngapain dengan laptop yang tanpa charger tersebut?? Laptop yang sangat mahal sekali pun tidak akan berfungsi tanpa adanya charger. Ini yang saya maksud sob, sekecil kecilnya masalah, jika terus diabaikan, maka akan berdampak pada kelumpuhan sebuah sistem.


6. Tidak mampu menjalin relasi dan tidak mampu bergaul


Relasi dan pergaulan yang luas merupakan pondasi awal dalam berwirausaha sob. Bisnis sobat bisa sukses karena relasi dan teman-teman sobat atau keluarga sobat. Banyak manfaat yang didapatkan dari mempunyai banyak relasi ini. Sebagai contoh manfaat punya banyak relasi.
  • Mudah mendapatkan pinjaman modal.
  • Sarana promosi usaha sobat.
  • Mendapatkan banyak saran dan masukan buat kemajuan usaha sobat.
  • Bisa dengan mudah mendapatkan pinjaman atau pembelian fasilitas atau perlengkapan buat usaha.
  • Lebih mendapatkan banyak informasi dibandingkan dengan jika sobat memiliki sedikit relasi.
  • dan lain sebagainya.

Baca juga : Rekomendasi Usaha Dengan Modal 3 Juta.

Tetapi saya pemula, dan ga tau apa-apa nih tentang bisnis usaha.

Terus jika sobat pemula, tidak berani mencoba untuk memulai atau membangun bisnis usaha milik sobat sendiri?

Sekarang kita ambil contoh Bill Gates, Amancio Ortega, Warren Buffet, Jeff Baros, Mark Zuckenberg, yap mereka-mereka ini adalah orang yang sukses dalam menjalankan usahanya. Tapi, taukah sobat jika mereka ini tidak langsung sukses?? Ada banyak jalan yang dilalui, ada prosesnya untuk mencapai kesuksesan, banyak perjuangan, banyak lika-liku dalam menaungi dunia bisnis usaha. Dan yang pasti mereka sama kayak sobat, sama-sama dimulai dari nol, dan tidak tahu apa-apa tentang bisnis.

Dengan membaca artikel ini, saya harapkan sobat sekalian bisa siap memulai, membuka pandangan terhadap suatu bisnis usaha, serta terpacu untuk menjadi seorang wirausaha yang sukses. Disini saya berikan langkah-langkah untuk bagaimana memulai sebuah usaha (cara berbisnis yang sukses) agar sobat sekalian dapat memulai bisinis usaha pertama milik sobat.


Usaha untuk sukses


8 Cara Untuk Memulai Bisnis Usaha Yang Sukses


Saya akan memberikan 8 tahapan untuk memulai sebuah usaha dan mengembangkan bisnis usaha tersebut menjadi sukses dan berkembang sampai pada tahap puncak usaha sobat.


1. Ide


Setiap sebuah bisnis usaha itu lahir dengan sebuah ide yang cemerlang, baik itu dari ide yang gila, ide dari khayalan maupun ide dari tempat nongkrong. Tanpa ide tidak mungkin tercipta sebuah usaha. Ciptakan ide-ide gila sobat, yang lain dari pada yang lain. Jika ide sobat sudah ada yang menerapkannya atau sudah ada yang menjalankan, kembangkan lagi ide tersebut, cari dan analisa apa yang kurang atau cari apa yang perlu ditambahkan.


Ide cemerlang untuk sukses


Untuk diperhatikan juga bagi sobat yang ingin memulai membangun sebuah bisnis usaha, agar menentukan bisnis usaha apa yang tepatnya buat sobat. Mungkin sobat memiliki sebuah pengetahuan yang cukup detail dari sesuatu hal atau juga mungkin sobat tertarik dengan hal hal tertentu, kemudian sobat dapat melihat celah untuk membuatnya menjadi sebuah bisnis usaha yang cemerlang.
Memiliki sebuah bisnis usaha yang sesuai dengan hobi atau kemampuan kita adalah hal yang sangat menarik di kehidupan ini sob. Sobat sekalian akan merasa bergairah dan terus semangat untuk memajukan dan mengembangkan bisnis usaha tersebut.


2. Planning atau Rencana


Kalau Ide mah, saya dari dulu sudah banyak.
Oke saya anggap sobat sudah memiliki ide untuk membuat sebuah bisnis usaha.

Kemudian, saya harus ngapain lagi nih?
Langkah selanjutnya yang perlu sobat lakukan adalah membuat sebuah rencana atau bahasa daerah saya planning.


Rencana yang matang


Planning atau perencanaan disini sangat dibutuhkan sob, baik dimulai dari sobat membuka bisnis usaha, menjalankannya, mengembangkan bisnis usaha, sampai pada saat usaha sobat terkenal atau sukses. Contoh kecil jenis planning nih sob.

  • Apa tujuan sobat membuka usaha. Sebagai usaha sampingan atau untuk investasi di hari tua atau sebagai pekerjaan sehari hari (fokus bekerja sebagai wirausaha), atau sebagai hobi dan menyalurkan hobi atau dan sebagainya dan sebagainya.
  • Bagaimana sistem bisnis usaha sobat tersebut.
  • Bagaimana pembiayaan dalam pembukaan usaha dan pengeluaran yang akan dikeluarkan untuk masalah yang tidak terduga.
  • Carilah lokasi usaha yang strategis dan kalau bisa memilih tempat yang dapat dijangkau untuk semua jenis kendaraan (sepeda motor, mobil, bajaj/bajai, becak, andong, kuda, pejalan kaki dan lain sebagainya).
  • Siapa pangsa pasar sobat.
  • Tentukan promosi terhadap usaha sobat yang sangat efektif dan efisien dalam pembiayaannya.
  • Mencari produsen yang terpercaya dan yang termurah tetapi berkualitas.
  • dan lain sebagainya, saya kira masih banyak perencanaan yang lainnya.

Jangan pernah membuka suatu bisnis usaha tanpa perencanaan yang matang ya sob.


3. Modal Usaha


Hitung sob, kira kira untuk membuka suatu bisnis usaha tersebut berapa modal yang harus dikeluarkan. Baik untuk pembelian bahan baku, biaya tempat sewa atau pembelian lokasi usaha, dekorasi tempat usaha, pembuatan merk / brand, ijin usaha (untuk bisnis usaha skala menengah keatas), perlengkapan yang dibutuhkan, dan lain sebagainya.

Dari perhitungan diatas, barulah sobat dapat menentukan berapa harga jualnya (baik produk ataupun jasa).


Modal untuk membuka bisnis usaha


Kemudian berasal dari manakah untuk mendapatkan modal bisnis usaha tersebut. Dari keluarga, teman, relasi, pinjaman (bank, koperasi, persorangan, dan lain sebagainya), modal bersama atau kemitraan (jika sobat ingin membuka bisnis usaha bersama orang lain), kredit usaha kecil atau menengah, dan lain sebagainya.


4. Mitra atau partner bisnis usaha


Untuk menjalankan suatu bisnis usaha baik itu usaha kecil, usaha menengah, dan usaha besar, sobat pasti membutuhkan mitra bisnis usaha atau partner. Mitra atau partner bisnis usaha disini adalah setiap orang yang berhubungan secara langsung atau tidak langsung dengan bisnis usaha sobat yang dapat memajukan bisnis usaha sobat. Mitra atau partner bisnis usaha ada yang bisa dibayar atau juga ada yang melakukannya secara free.

Banyak jenis mitra atau parner bisnis usaha ini sob, jangan hanya tertuju pada satu hal saja. Contoh mitra atau parner usaha bisnis.

  • Orang yang merintis binis usaha bersama mulai dari nol (modal bersama, perjuangan bersama, sukses bersama),
  • Kerabat atau konsumen yang mempromosikan bisnis usaha sobat kepada orang lain (ini yang namanya free partner sob, jika usaha sobat bagus di mata mereka, maka mereka pun akan mempromosikan usaha sobat ini secara free. Ingat sob, promosi dari mulut ke mulut masih sangat efektif).
  • Setiap orang yang menyumbangkan dana atau meminjamkan modal usaha kepada sobat.
  • Pelanggan bisnis usaha sobat.
  • Produsen bisnis usaha.
  • Karyawan sobat (jika diperlukan).
  • dan lain sebagainya.

Hati hati sob dalam memilih, menjaga kepercayaan, dan bekerja sama dengan mitra atau partner bisnis, sebab jika sobat melakukan kesalahan maka bisnis usaha sobat akan terganggu.


5. Mengembangkan Bisnis usaha


Dalam rangka untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal dan mengembangkan sebuah bisnis usaha, sobat harus mampu bertahan dalam situasi apapun, fokus terhadap bisnis usaha, berkreasi lain dari pada yang lain, serta harus mampu berinovasi terhadap perkembangan apapun (perkembangan jaman, perkembangan lingkungan, perkembangan trend, perkembangan sosial dan lain sebagainya).

Untuk mengembangkan suatu bisnis usaha tergolong dalam bidang yang susah susah gampang.

Memutarkan kembali keuntungan yang sobat dapatkan untuk pengembangan bisnis usaha (jangan terlalu dini mengambil semua keuntungan, sisakan 40% dari keuntungan buat penambahan modal di bisnis usaha sobat).


6. Kejujuran


Yap, kejujuran sangat penting dalam membangun kepercayaan dengan siapapun, baik dengan pelanggan, produsen, mitra kerja dan lainnya. Jujurlah dalam berbisnis usaha serta bangun (tumbuhkan) rasa kepercayaan di mata orang terhadap bisnis usaha sobat.
Mungkin sobat sekalian sering mendengar dari orang tua atau dari orang yang lebih tua dari sobat, kejujuran adalah kunci sukses dalam menjalankan kehidupan. Nasihat itu benar sob, dan it works dalam bisnis usaha yang saya jalankan.


7. Menjadi pendengar yang baik


Jadilah pendengar yang baik sob. Dengan menjadi pendengar yang baik, sobat bisa mendapatkan lebih banyak informasi jenis apapun yang dibutuhkan sobat dalam mengembangkan bisnis usaha. Menjadi pendengar yang baik juga akan mendapatkan nilai plus buat sobat.
Mendengarkan keluhan dan saran dari para konsumen, kerabat sobat, teman, orang tua, dan semua orang yang dapat membuat bisnis usaha sobat maju. Eits, jangan asal mendengarkan saja ya sob, harus disaring juga informasi yang sobat terima. Jangan langsung ditelan mentah mentah. Semua informasi yang sobat dapatkan belum tentu benar adanya.


8. Dan Jangan Lupa Berdoa Sob


Dipoint ini saya tidak akan membahas panjang lebar sob. Saya cuma mau menyampaikan, sebuah usaha, kerja keras, dan apapun yang dilakukan sobat dalam memperjuangkan bisnis usaha ini, tanpa adanya doa, niscaya usaha sobat tidak akan bisa sukses.


Sukses buat usaha sobat


Mungkin itu saja sobat sobat usaha tanpa batas yang bisa saya bagikan mengenai Bagaimana memulai sebuah bisnis serta cara usaha yang sukses. Jika menurut sobat artikel ini menarik dan bermanfaat silahkan di share. Atau juga sobat ada yang mau dipertanyakan bisa berkomentar di kolom komentar dibawah dan bisa menghubungi saya lewat contact us.

Baca juga : 5 Bisnis Online yang Menjanjikan Di Masa Depan.

Salam sukses.

16 komentar

salam sob...
sangat bermanfaat postingannya, jadi nambah ilmu buat kedepannya
dtunggu postingan selanjutnya sob

Wah keren nih blognya pengusaha..
Makin sukses buat yg baca

artikelnya bagus dan beramnfaat , sukses selalu buat blognya

makasih gan tipsnya, artikelnya sangat membantu banget buat yg mau bisnis.

sangat menarik,izin share artikel ini ya gan.

Keren nih artikelnya..sangat membantu buat saya yang pebisnis pemula..thanks

usaha tanpa doa sama dengan nol :D

Pengen banget mulai berbisnis usaha, tapi takut gagal gan,

thanks atas artikelnya. bermanfaat sekali untuk dijadikan motivasi agar tetap semangat dan bekerja keras..

bismillah. semoga kita semua jadi milliader .amin

Ya, sudah pasti mungkin mayoritas impian kita itu memiliki usaha sendiri karena ini akan sangat menguntungkan baik dari sisi financial ataupun provit. dikutip dari sebuah hadits nabi : "sembilan dari Sepuluh Pintu Rezeki itu dengan Berniaga..." , tuh jelas sekali bahwa setiap pelaku usaha akan memiliki sembilan pintu rezeki, jadi potensi mendapatkan rezeki lebih itu lebih terbuka lebar kalau kita berniaga.

Mental seorang pebisnis itu harus tangguh, jangan mental kerupuk yang mudah ciut. Teruslah bekerja keras dan tetap fokus jangan khawatir kerja kerasnya sia-sia. Jangan pernah mundur di tengah jalan karena siapa tahu disaat anda mundur itu selangkah lagi anda sukses.

saya menyoroti beberapa poin penyebab gagal dalam tulisan ini diantaranya poin 2,3,4,5 dan 6, kelima poin tersebut akan terjadi jika jenis usaha yang kita tekuni itu bukan passion kita jadi seolah kita terlalu memaksa, kalau mau bisnis harus be your self alias jadi diri sendiri jangan meniru gaya orang lain yang belum tentu kita bisa. natural aja.

Ide, Modal dan Jujur itu faktor utama keberhasilan sebuah bisnis, jika ketiga hal tersebut tidak ada meski salahsatunya maka dipastikan usaha tsb gagal. saya pernah mengalaminya, kalau yang saya alami itu kendalanya di modal yang tidak maksimal. Jadi kalau mau membuka usaha itu modalnya harus kuat.

satu hal yang saya kutip dari tulisan ini adalah BERDOA untuk kesuksesan usaha, jd jangan dilewatkan karena ini sangat penting sekali dimana kita harus memohon kepada Yang Maha Kuasa agar diberi keberhasilan.

salam
BLOG MAS USMAN
->kursuskomputergratis.com<-

artikelnya bagus gan, kalau ane sih sangat mementingkan kejujuran karena untuk keamanan kita bersama :D

Kalo aku sendiri sih penting jujur dan ikhlas, rejeki udah ada yg ngatur 😇

menarik sekali artikelnya gan. Planning atau Rencana dan Dilakukan + Doa mungkin lebih cepat sukses.

Kejujuran pastilah yang utama, kebelakangnya pasti sukses deh

Berkomenlah yang Relevan sesuai artikel Diatas,
Luangkan waktu untuk menekan tombol share Artikel ini
EmoticonEmoticon